Senin, 18 Agustus 2008

Mengunakan Musik Dalam Membantu Poses belajar.

Riset megenai penggunaan musik untuk membantu posoes belajar telah belansung cukup lama. Dan hasil riset tersebut telah banyak di tuangkan dalam bentuk buku. Salah satu buku yang sanggat terkenal adalah Efek Mozart yang di tulis oleh Don Campbell.

Prosoes belajar memermelukan kondisi fisik, mental, dan emosional yang mendukung information-intake (memasukan kedalam otak). Kondisi optimal untuk information-intake adalah saat seseorang berada dalam kondisi Alfa.

Kondisi Alfa adalah suatu kondisi dimana getaran gelombang otak manusia berada pada kisaaaran 8-12 Hz. Kondisi Alfa optimal adalah pada frekuensi 10,5 Hz.

Megapa Musik Bisa Membantu Kita Masuk ke Dalam Kondisi Alfa?

Hal ini disebabkan tubuh kiata akan mengikuti itme musik tersebut. Itulah sebabnya bila kita mendegarkan musikyang sesuai, maka kita dapat degan mudah masuk ke dalam kondisi alfa.

Dalam kondisi normal, jantung bedetak sekitar 100 kali dalam 1 menit. Dalam keaddan rileks atau istirahat, detak jantung manusia akan turun menjadi 60-70 kali per menit apabila anda mendegarkan musik dengan tempo 55-70 bit per menit, maka otak akan menagkapnya dan menyesuaikan kecepatan detak jantung mengikuti lagu yang kita dengar .


Jenis musik apa yang boleh digunakan?

  1. gunakan musik instrument dengan tempo 55-70 bit per menit
  2. Musik instrumennya sebaiknya murni dari lagu instrument. Jangan mengunakkan musik instrument yang berasal dari lagu.
  3. untuk lebih muda gunakan musik klasik dari zaman Baroque.

Mengapa Tidak Boleh menggunakan lagu yang mengandung Kata-Kata??

Hal ini akan menyulitkan proses pemasukkan informasi. Mengapa demikian? Pada ssat otak kita berusaha menghafal atau mempelajari suatu materi, sedangkan telinga kita mendegar kata-kata dari lagu tesebut, maka di dalam otak kita terjadi interfeksi dan akan mengakibatkan tergagunya konsentasi kita

Megapa musik Klasik ?

Musik ini tidak mengandung kata-kata sehingga tidak akan terjadi interfeksi auditori. Bagi orang yang awam dengan dunia musik, dengan memilih musik kelasik akan sangat memudahkan mereka bagi yang sangat memahami musik, boleh memilih lagu instrument dengan kisaran 55-70 bpm

Contoh Musik untuk Relaksi, Konsentrasi, dan membagkitkan semagat

Untuk elaksi:

  1. The Four Season (Vivaldi)
  2. Water Music (Handel)
  3. afternoon of a Faun (Debussy)

Untuk Konsentrasi

  1. Flute Concerto (vivaldi)
  2. Concerto Gossi #4, 10-12 (corelli)
  3. C major Piano Concerto (Mozart)

Untuk Membagkitkan semagat:

  1. Alexander’s Feast (Handel)
  2. Well Tempered Klavir (bach)
  3. Divertimento (Mozart).

0 komentar: